Selasa, 18 Mei 2010

PODIUM sketch up

Setelah eksperimen beberapa hari (lebay mode;on), akhirnya dapat juga hasilnya.

Beberapa waktu lalu, telah saya bahas performa dari sketch up yang pengoperasianya sudah kelewat mudahnya, ditambah dengan beberapa perangkat pendukung berupa rendering system.

Dan sempat juga saya coba meng upload gambar hasil sketch up + rendering menggunakan Indigo, kini giliran rendering system yang lain.

Adalah PODIUM sebuah perangkat pendukung rendering yang berfungsi merender hasil gambar dari sketch up. Keuntungan dari PODIUM adalah ia sangat mudah untuk digunakan dengan sedikit metode yang harus dilakukan.

Dan hasilnya juga, bisa dibilang bagus.

Pertama yang harus dilakukan adalah meng install program sketch up dan PODIUM, kalau belum punya masternya bisa search di google mau yang gratis ada, yang bayar juga ada. Serta tutorial lebih lengkapnya juga bisa anda searching sendiri, ini hanyalah cara simple saya menggunakan program ini.

Yang kedua buat gambar 3 dimensi dengan sketch up, kemudian klik plug in pada toolbar. Kemudian akan muncul tampilan seperti ini.



Fungsi Light disini adalah sebagai pengatur cahaya obyak yang kita pilih, semakin besar angkanya tentunya cahaya yang dikeluarkan juga akan semakin besar.

Fungsi Reflect adalah sebagai pengatur pantulan / refleksi dari benda yang berada disekitar obyek, semakin besar angkanya maka semakin obyek tersebut mampu untuk merefleksikan benda yang disekitarnya layaknya sebuah cermin.

Pada render size kita akan disuguhkan beberapa pilahan untuk ukuran resolusi gambar hasil render, sebagai catatan semakin besar resolusinya maka semakin berat program ini bekerja dan semakin lama proses render nya.

Jika dirasa sesuai dengan apa yang kita harapkan maka barulah kita klik render untuk memulai proses rendering.

Dan ini adalah beberapa contoh gambar hasil render dari PODIUM.








Kalau mau juga video tutorialny ajuga ada di webnya podium klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar