Sabtu, 10 Oktober 2009

Ngliyep, im falling in love





Hmm……
Setelah sekian lama tak bersua kini kembali mencoba mencari peruntungan kembali, lewat tulisan ringan yang semoga bisa memberi referensi segar.

*
Sungguh suatu rutinitas yang sangat menguras otak, tenaga dan perasaan. Betapa tidak, belum genap satu bulan aku melanjutkan kembali belajarku tapi sudah ratusan tugas yang mengahadangku (Hiperbolis).
Walau sesungguhnya memang tak ratusan tugas, tapi bebanya begitu berat aku rasakan. Belum lagi pekerjaan yang harus segera untuk diselesaikan……..

**
Aahhhh….Akhirnya minggu ini aku dapat meluangkan waktu untuk sekedar jalan-jalan ria bareng teman-teman sekolahku dulu.
Mereka ngajak ke pantai selatan,….(hmmm…my favorite destination). Pantai Ngliyep, Malang selatan…(The beautiful beach!!!).
Berangkattttt…….

***
Ini bukan kali pertama aku menginjakkan kaki di pantai ini, Pantai yang terlihat masih alami, berpasir putih yang membentang luas dari ujung Timur hingga ke Barat dan dikelilingi oleh pohon-pohon rindang khas pantai.
Gunung-gunung karang yang besar yang seolah menyekat setiap pantai yang ada menambah keindahan dan eksotisme nya . Serta yang membedakan nya dengan pantai yang lain.
Pada setiap karang terdapat jalan setapak yang dapat dilalui oleh pengunjung. Dari sini pengunjung dapat menyaksikan keindahan seluruh pantai sekaligus Samudra Hindia yang tebentang luas sejauh mata memandang.
Setiap sekat pantai memilki ciri khas yang berbeda. Mulai dari jenis pasirnya hingga deburan ombaknya. Di ujung Barat terdapat Pantai yang berpasir putih dan lembut dan memilki deburan ombak yang relative kecil, tapi memang sedikit panas. Sedangkan di bagian tengahnya terdapat pantai yang rindang berpasir sangat lembut tapi sedikit kotor oleh sampah organik dari tumbuhan disekitar pantai.
Dan satu tempat yang menjadi favorite kami adalah sebuah pantai yang tidak terlalu panjang dan dikelilingi oleh batuan karang besar apalagi akses menuju kesana pun agak sedikit berat sehingga terkesan private tetapi keindahan pantai sungguh luar biasa.
Pasirnya sungguh bersih sedikit kasar, airnya sungguh jernih dan dingin. Tempatnya pun tidak terlalu panas karena di kelilingi oleh dua batu karang yang sangat besar.. Serta yang tak kalah serunya adalah ombaknya yang lumayan besar jika dibandingkan dengan bagian pantai yang lain. Bahkan keindahanya tak bisa dilukiskan dengan kata-kata….(**)
Yang membuat istimewa adalah di bagian pantai ini jarang orang yang mau untuk datang kemari. Sehingga seolah pantai ini hanya menjadi milik kami. Disini kami bebas berlari, berkejaran dengan ombak dan berguling di atas pasir…..(sungguh pengalaman yang tak kan bisa kami lupakan).

Dan disisi paling timur terdapat pantai cukup luas dan melengkung. Di pantai ini Masyarakat sekitar biasa menjadikan tempat upacara semacam Larung Sesaji atau memberikan sesaji berupa hasil bumi ke laut, entah atas dasar apa mereka melakukan ritual seperti ini.

Lepas dari mitos yang ada Pantai Ngliyep memang pantas untuk dijadikan sebagai tujuan wisata favorite.

****
Pantai Ngliyep terletak sekitar 70 KM dari puusat kota Malang dan 153KM dari kota Surabaya, jarak tempuh berkisar antara 3,5 – 4 jam perjalanan. Disarankan untuk menggunakan kendaran pribadi baik motor atau mobil.
Ada dua rute yang bisa dilalui untuk menuju kesana :
Rute I. Surabaya-Sidoarjo-Pasuruan-Malang Kota-Kepanjen-Pagak-Donomulyo-Ngliyep
Rute II. Surabaya-Sidoarjo-Pasuruan-Malang Kota-Karang kates-Donomulyo-Ngliyep
Jika menempuh Rute I, maka jarak tempu relative lebih singkat dan melalui jalan yang tidak terlalu menanjak. Tapi jika melalui Rute II, Jarak tempuh sedikit panjang dan jalananya pun berkelok dan menanjak tapi keindahan alam yang tersaji sungguh bisa menyegarkan mata dan pikiran anda.
Apapun Rute yang dipilih yang jelas, persiapkan kendaran anda dengan sangat prima. Jangan sampai liburan bahagia anda terganggu dengan masalah kendaran.

Selamat Berlibur!!, Jagalah Keasrian dan Keindahan alam kita. Agar dapat terus kita nikmati hingga generasi-generasi mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar